Edit Content

IA Scholar Foundation

Kami merupakan lembaga yang khusus didirikan untuk menjembatani para akademisi dan peneliti dengan dunia publikasi dan jurnal. IASF membawahi divisi penelitian dan publikasi ilmiah bereputasi melalui pelatihan, pendampingan, dan konsultasi.

 

 

Prof. Dr. Irwan Abdullah

Founder IASF – Scopus ID : 57204549651

Bio Singkat

Prof. Dr. Irwan Abdullah adalah Guru Besar Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Lahir di Aceh Utara pada 8 September 1963, karirnya dimulai di Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada sejak tahun 1987, kemudian menjabat Direktur Eksekutif pada Center For Religious and Cross-cultural Studies (CRCS) UGM pada tahun 2003 hingga 2005. Pada tahun 2005 hingga 2009, ia menjabat sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana UGM. Selain aktif mengajar, membimbing, dan seminar di beberapa Perguruan Tinggi, dia juga menjadi konsultan pendidikan, reviewer penelitian, dan trainer pelatihan kepemimpinan dan metodologi.

Segera setelah menamatkan Sarjana dari Jurusan Antropologi Universitas Gadjah Mada (1987), ia mendapatkan kesempatan melanjutkan studi ke Belanda dan memperoleh gelar doktor (Ph.D.) dalam bidang Antropologi dari Universitiet van Amsterdam (1994) dan pada tahun 2005 diangkat sebagai Guru Besar Antropologi di Universitas Gadjah Mada. Salah satu di antara beberapa riset yang telah dilakukan adalah SocietyInter-religious StudiesSocio-cultural Anthropology, dan masih banyak riset-riset yang lain yang telah dilakukan dan dihasilkan oleh beliau baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Beberapa buku penting yang ia hasilkan antara lain Bahasa Nusantara: Posisi dan Penggunaannya Menjelang Abad ke-21 (1999); Sangkan Paran Gender (1997, 2003, 2006); Sex, Gender and Social Reproduction of Power (2001); Indonesia: in Search of Transition (2002); Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan (2006); Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan Kontemporer (2009);.

  • 2010 – PPRA (Program Pendidikan Reguler Angkatan) XLV, Lemhannas RI, Jakarta (Predikat Terbaik: Seroja Wibawa Nugraha I)
  • 1994 – Doctor of Philosophy (Ph.D.) dalam bidang Antropologi Budaya, University of Amsterdam, the Netherlands
  • 1987 – Sarjana (First Degree) dalam bidang Anthropologi Budaya, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (Cumlaude)
  • 1986 – Bachelor of Art (B.A.) dalam bidang Antropologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Phone Number:

Email:

Mulai Percakapan
1
Butuh Bantuan? Hubungi kami
IA Scholar Foundation
Hello ????
Apa yang bisa kami bantu?