Edit Content

IA Scholar Foundation

Kami merupakan lembaga yang khusus didirikan untuk menjembatani para akademisi dan peneliti dengan dunia publikasi dan jurnal. IASF membawahi divisi penelitian dan publikasi ilmiah bereputasi melalui pelatihan, pendampingan, dan konsultasi.

 
IAIN Metro Lampung
Bagikan Berita

Metro, Lampung – Selasa, 04 Juni 2024, IA Scholar bersama Fakultas Syariah IAIN Metro Lampung mengadakan sesi pendampingan melalui Zoom bagi mahasiswa magang peminatan MBKM. Kegiatan ini dihadiri oleh para mahasiswa magang peminatan yang tersebar di berbagai instansi seperti KPU, Pengadilan Agama, LBH, dan lain-lain dengan tujuan membantu mereka menghasilkan artikel yang akan menggantikan tugas akhir skripsi.

Pak Hasse Juba, Direktur IA Scholar, dalam sambutannya, memberikan apresiasi tinggi terhadap langkah inovatif yang diambil oleh IAIN Metro. IAIN Metro berani mengambil langkah maju, menjadi salah satu yang terdepan dalam hal penggantian skripsi dengan artikel ilmiah. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh pemerintah.

Baca juga: IA Scholar Gelar Rapat Evaluasi dan Persiapkan Agenda Mendatang

Kendati sempat terkendala jaringan dan listrik padam di beberapa wilayah Lampung, semangat peserta tetap tinggi dalam mengikuti sesi pendampingan ini. Prof. Irwan, sebagai narasumber utama, memaparkan template dasar yang akan digunakan mahasiswa sebagai panduan dalam menulis artikel mereka. Template ini akan menjadi acuan dasar bagi mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas.

Dalam sesi tersebut, Prof. Irwan juga menyampaikan bahwa 40 mahasiswa yang terlibat akan dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok akan dibimbing oleh seorang mentor dari IA Scholar untuk memastikan setiap mahasiswa mendapatkan pendampingan yang optimal dalam proses penulisan artikel.

Selain itu, Prof. Irwan menekankan bahwa artikel jurnal yang menggantikan skripsi memiliki peluang untuk dibaca oleh lebih banyak orang, tidak seperti skripsi yang biasanya hanya tersimpan di repository kampus dan tidak bebas diakses. Dengan mempublikasikan artikel ilmiah, karya mahasiswa dapat menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan dampak dan kontribusi mereka terhadap ilmu pengetahuan.

Langkah ini diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa untuk lebih produktif dan menghasilkan karya ilmiah yang relevan dengan pengalaman magang mereka. Dengan demikian, IAIN Metro Lampung, Fakultas Syariah khususnya yang telah mengadakan pertemuan ini, terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung inovasi pendidikan dan pengembangan kompetensi mahasiswa.

Baca juga: FIS Universitas Negeri Gorontalo Adakan Bootcamp Penulisan Artikel Scopus Demi Tingkatkan Publikasi Dosen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Percakapan
1
Butuh Bantuan? Hubungi kami
IA Scholar Foundation
Hello ????
Apa yang bisa kami bantu?